BASIC FIRST AID TRAINING

 

IMG-20170130-WA0008.jpg

Memberikan pertolongan kepada korban kecelakaan atau mengalami sakit dengan tujuan menyelamatkan jiwa korban sering gagal, bahkan jiwa pemberi pertolongan pertama dapat menjadi korban. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman terkait prinsip dasar Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Bahkan petugas P3K yang memberikan pertolongan merupakan petugas yang kurang terampil. P3K merupakan pertolongan pertama yang harus segera diberikan kepada tenaga kerja yang mendapatkan kecelakaan atau penyakit mendadak di tempat kerja dengan cepat dan tepat sebelum korban dibawa ke tempat rujukan (Dokter / Puskesmas / Rumah Sakit). Berkaitan dengan hal permasalahan diatas, pemerintah telah membuat ketentuan-ketentuan Peraturan Perundangan dalam rangka penanggulangan kecelakaan dan sakit mendadak di tempat kerja dengan pelaksanaan P3K, antara lain:

  1. Undang-Undang No. 1 tahun 1970.
  2. Permenakertrans No. Per. 03/Men/1982.

Pertolongan pertama tersebut bertujuan untuk memberikan perawatan darurat pada korban sebelum diberikan pertolongan yang lebih lengkap. P3K diberikan untuk menyelamatkan nyawa korban, meringankan penderitaan korban, mencegah cedera / penyakit menjadi lebih parah, mempertahankan daya tahan korban dan mencarikan pertolongan lebih lanjut. Dengan demikian, P3K memiliki peranan penting dalam upaya pencegahan terhadap cedera atau penyakit yang ditimbulkan akibat kecelakaan kerja.

Dalam melakukan pertolongan pertolongan pertama, seorang petugas P3K harus memahami apa saja yang menjadi prinsip dasar yang menjadi pedoman tindakan dalam berbagai situasi lingkungan dan kondisi korban.

Pelatihan ini akan menjelaskan kepada Anda tentang bagaimana dasar-dasar P3K ditempat kerja, anatomi faal dan dasar tubuh untuk melihat perubahan-perubahan serta keadaan bahaya pada korban yang mengalami kecelakaan dengan melihat kondisi fisiologis korban, melakukan penilaian dan membaca situasi sebelum memutuskan tindakan apa yang harus didahulukan, bantuan hidup dasar, pertolongan pendarahan dan syok, penanganan cidera, kedaruratan medis serta bagaimana teknik evakuasi.

Semua materi lengkap ini dapat anda ikuti khusus pada tanggal 26 Februari 2017 dalam rangka semarak Bulan K3 Nasional. Siapkan diri anda untu mengikuti pelatihan ini. Persediaan kursi terbatas!

Informasi lebih lanjut:

Akbar: 0811-7105-911 / Maya: 0811-7353-532

Referensi: Pengawasan Kesehatan Kerja, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI

About DYNAMIQHSE

Berbagi Informasi mengenai Sistem Manajemen K3LM
This entry was posted in Bimbingan & Konsultasi, Informasi K3, Kesehatan Kerja, P3K, Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s