SMK3 Ala Jokowi

Touch me tablet

Siapa yang tidak mengenal sepak terjang politik seorang Joko Widodo? Sosok yang dinobatkan sebagai Presiden RI saat ini dikenal cukup fenomenal. Politikus yang menurut istilah pengamat mengatakan Belanja Masalah melalui gaya blusukan. Kepiawaiannya ini yang kemudian mampu berbicara dengan kalangan bawah untuk mencari masalah lalu kemudian melakukan evaluasi dan menentukan tindakan perbaikan. Cara ini mampu menjadi trend komunikasi yang kerap kali dijadikan role model oleh beberapa calon pimpinan daerah untuk mengisi masa kampanyenya.

Namun, secara tidak sadar teknik ini sebetulnya juga ada di dalam elemen SMK3, yaitu komitmen, kebijakan dan kepemimpinan. Dan menurut sebagian para ahli K3 menjadikan elemen tersebut sebagai elemen utama. Gaya belanja masalah yang dilakukan oleh Jokowi itu menunjukkan kepada kita bagaimana maksud dan tujuan dari elemen SMK3. Pertama, dalam SMK3 manajemen puncak harus menunjukkan komitmennya dalam menetapkan kebijakan K3 di perusahaan. Komitmen tersebut harus ditunjukkan secara nyata kepada seluruh pekerja.  Dalam K3, kita mengenal program yang disebut dengan Management Walk Through atau ada yang menyebut Management Tour.

 

5-prinsip-smk3

 

Sistem Manajemen K3 menghendaki agar manajemen puncak secara berkala mengadakan kunjungan ke tempat kerja, melakukan komunikasi secara langsung dengan pekerja dan mencari masalah yang ada. Dengan melakukan tinjauan lapangan secara langsung menunjukkan komitmen yang nyata terhadap penerapan sistem manajemen. Khususnya komitmen serta kepedulian terhadap penerapan K3 di tempat kerja. Seringkali, Top Management merasa sibuk sehingga hal ini sangat jarang dilakukan. Ada satu cerita menarik terkait tinjauan di lapangan. Suatu kali, salah seorang pengawas dari Disnaker melakukan jajak pendapat kepada salah seorang pekerja. Pengawas tersebut menanyakan bagaimana pendapat Bapak terkait bahaya di tempat kerja? Dengan santainya Si Pekerja menjawab bahwa bahaya di tempat kerja justru baik dan membuatnya menjadi macho apabila di tempat kerjanya terdapat potensi bahaya. Hal menggelitik yang bisa diambil dari peristiwa tersebut adalah kesadaran pekerja terkait K3. Dan inilah yang menjadi core utama sebelum dilakukan penerapan K3 di tempat kerja, yaitu bagaimana kesadaran serta pengetahuan pekerja terkait K3.

Tidak berhenti dengan melakukan kunjungan di lapangan, Jokowi juga mengumpulkan Stake Holder untuk menyampaikan visinya serta meminta untuk mendukung visinya tersebut dengan membuat target waktu pencapaian. Inilah yang di dalam SMK3 disebut dengan Objektif dan Target. Setelah berkomitmen untuk menerapkan SMK3, Top Management mengumpulkan semua Manager untuk melakukan safety review, menetapkan visi, kebijakan K3 serta target Key Performance Indicator (KPI) untuk semua Managernya. Menurut Soehatman Ramli, dalam bukunya yang berjudul “SMART SAFETY Panduan Penerapan SMK3 yang Efektif” mengibaratkan manajemen seperti STAR (Bintang) yang bersinar. Dalam sistem manajemen SMART Safety STAR adalah singkatan dari Safety Tour And Review. Dalam STAR ini, ada dua esensi utama berikut:

  1. Manajemen adalah ibarat star atau bintang yang menyinari perusahaannya. Memberikan penerangan, arah dan pedoman yang harus diikuti oleh semua pihak. Manajemen adalah superstars yang menentukan keberhasilan K3. Tanpa didukung manajemen, K3 tidak akan berjalan baik. Sebagai STAR, manajemen harus selalu bersinar, mengilhami dan menyemangati semua unsur dalam perusahaan.
  2. Manajemen harus melakukan STAR (Safety Tour And Review) berkala ke tempat kerja seperti yang dilakukan Jokowi.

Inilah esensi dari program K3 yang dibangun secarara holistik dan melibatkan semua unsur yang ada di dalam perusahaan. Lalu, sudah sejauh mana penerapan SMK3 di Perusahaan tempat Anda bekerja?

Ditulis oleh: Tias Miafriana

Referensi: Ramli, Soehatman. 2013. SMART SAFETY Panduan Penerapan SMK3 yang Efektif. Jakarta: Dian Rakyat.

About DYNAMIQHSE

Berbagi Informasi mengenai Sistem Manajemen K3LM
This entry was posted in Informasi K3. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s