Pola Hidup Vegetarian

Vegetarian adalah gaya hidup masa kini yang sehat dan penuh kasih yang menyelamatkan banyak kehidupan di bumi. Istilah vegetarian lahir pada tahun 1847 dan dipelopori oleh Joseph Brotherton. Banyak orang memilih untuk bervegetarian karena faktor kesehatan dan lingkungan sekitar yang mendukung. Misalkan seseorang dilarang mengkonsumsi daging karena penyakit yang dideritanya dan menjadi vegetarian karena keluarga atau temannya seorang vegetarian. Semuanya adalah pilihan yang tepat tetapi harus kita sadari bahwa tujuan awal dari bervegetarian adalah menjaga kelestarian alam dan lingkungan tanpa mengesampingkan pola hidup sehat. Dengan pilihan bervegetarian kita juga telah berjasa sebagai orang yang turut serta dalam meminimalkan dampak pemanasan global bagi planet bumi.

Sering kita memandang orang yang bervegetarian itu aneh dan tidak mensyukuri kehidupan. Anggapan-anggapan miring tentang vegetarian memang selalu ada dan menjadi kendala seseorang untuk memilih pola hidup vegetarian. Seharusnya kita mengubur pemikiran “kolot” akan hal baru yang menunjang kepada kebaikan. Alam ini membutuhkan keseimbangn ekosistem agar bumi dapat kembali seperti sediakala. Dengan tidak menyakiti, membunuh, dan memakan hewan. Kita telah berperan penting dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Dari segi agama pun memperbolehkan untuk tidak memakan daging tetapi jangan sekali-kali mengharamkannya. Sebetulnya jika kita menyayangi hewan tak perlu untuk memeliharanya. Hewan akan merasa terkekang dan tersakiti jika dipelihara. Alangkah indahnya bila kita membiarkan hewan hidup di alam bebas. Banyak keuntungan yang kita peroleh dari vegetarian seperti kesehatan kita akan selalu terjaga  karena terhindar dari penyakit-penyakit hewan masa kini yaitu sapi gla, flu burung, serta penyakit-penyakit hewan modern lainnya yang terus bermunculan, alam dan ekosistemnya akan selalu lestari serta mengurangi tingkat kepunahan hewan dan banyak keuntungan lainnya yang belum dirasakan oleh kita.

Vegetarian juga termasuk pola hidup sehat yang ekonomis. Kita tidak perlu membeli makanan-makanan mewah yang selalu disertai daging-dagingan. Cukup dengan membeli makanan sederhana seperti aneka sayuran dan buah-buahan yang tidak kalah nilai gizinya degan produk hewani. Menjadi seorang vegetarian juga menjauhkan kita dari kebiasan-kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi miras, dan penggunaan Narkoba. Menurut penelitian orang yang tidak mengkonsumsi daging akan lebih sehat, panjang umur, bahkan awet muda.

Mulai saat ini kita  harus mencoba menjadi seorang  vegetarian agar terciptanya jiwa dan fisik yang sehat, terjaganya keseimbangan alam dan lingkungan, kehidupan sederhana dan ekonomis, serta meminimalkan dampak pemanasan global. Kita harus mencobanya secara bertahap dan penuh kesabaran. Inilah tips-tips menjadi seorang vegetarian : niat yang sungguh-sungguh menjadi vegetarian, yakinkan dalam hati untuk menjadi vegetarian, rubah pola makan anda secara bertahap, beri penjelasan kepada keluarga, saudara atau teman tentang pola hidup vegeratian agar tidak adanya anggapan jelek, variasi makanan agar tidak bosan, komitmen diri sendiri dengan pilihan menjadi vegetarian, selalu memperhatikan nilai gizi makanan yang akan di konsumsi, selalu berpedoman terhadap tujuan awal bervegetarian. Banyak juga jenis-jenis vegetarian yang bisa dipilih sesuai kemampuan dan keinginan kita yaitu diantaranya : Vegan adalah kelompok vegetarian yang tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung hewani ataupun produk olahannya. Kelompok vegan tidak mengkonsumsi telur, keju, susu, yogurt, madu, sarang burung wallet, dan produk olahan lainya, Ovo vegetarian adalah jenis vegetarian yang tidak makan dan minum yang mengandung hewani tetapi tetap mengkonsumsi telur, Lacto vegetarian adalah jenis vegetarian yang tidak makan dan minum yang mengandung hewani tetapi tetap mengkonsumsi susu, Lacto-Ovo Vegetarian adalah jenis vegetarian yang tidak makan dan minum yang mengandung hewani tetapi tetap mengkonsumsi telur, susu, dan produk olahannya seperti yoghurt, keju, butter milk serta produk turunan susu dan telur, Pesco Vegetarian adalah jenis vegetarian yang tidak mengkonsumsi makanan hewani kecuali ikan dan produk olahannya, Pollo Vegetarian adalah jenis vegetarian yang tidak mengkonsumsi makanan hewani kecuali unggas seperti ayam, bebek, burung, dan produk olahannya.

Kesadaran dan kemauan adalah kunci untuk menjadi seorang vegetarian. Jadilah orang yang menghormati semua kehidupan karena seseorang akan lebih mulia jika tidak saling membunuh antar mahluk hidup. Keseimbangan alam harus selalu kita jaga untuk keturunan kita di kehidupan mendatang dan vegetarian adalah salah satu contoh nyata manusia bahwa kita bisa melatih kesabaran dengan tidak saling menyakiti. Menjadi vegetarian adalah pilihan yang tepat bila mana kita menginginkan kehidupan yang lebih baik.

About DYNAMIQHSE

Berbagi Informasi mengenai Sistem Manajemen K3LM
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s