Penilaian & Pengawasan SMK3

PENILAIAN SMK3

Implementasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di perusahaan tidak cukup hanya penerapan saja, dibutuhkan alat untuk menilai apakah perusahaan tersebut sudah terpenuhi semua terhadap Prinsip-prinsip SMK3 PP No.50 Tahun 2012. Apalagi jika perusahaan sudah tergolong masuk dalam perusahaan yang mempunyai potensi bahaya tinggi.

Penilaian yg dimaksud adalah penilaian atau audit yang dilakukan oleh Lembaga Audit SMK3 Independen yang telah ditunjuk oleh Menteri Ketenagakerjaan atas permohonan perusahaan.

Secara umum yang diaudit adalah :

  1. Pembangunan dan terjaminnya pelaksanaan komitmen
  2. Pembuatan dan Pendokumentasian rencana Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
  3. Pengendalian perancangan dan peninjauan kontrak
  4. Pengendalian dokumen
  5. Pembelian dan pengendalian produk
  6. Keamanan bekerja berdasarkan SMK3
  7. Standar pemantauan
  8. Pelaporan dan perbaikan kekurangan
  9. Pengelolaan material dan perpindahannya
  10. Pengumpulan dan penggunaan data
  11. Pemeriksaan SMK3
  12. Pengembangan keterampilan dan kemampuan

Setelah dilakukan audit, Lembaga Audit Independen ini melaporkan semua hasil audit ke Kemenker (Dirjend PNK3 Subdit SMK3) dengan tembusan Perusahaan yang bersangkutan, Gubernur/Bupati dan Disnaker setempat sbg bahan pertimbangan untuk peningkatan SMK3. Dari hasil audit ini Kemnaker akan mengeluarkan Sertifikat SMK3 pada waktu yang telah ditetapkan antara bulan Feb-april setiap tahunnya.

PENGAWASAN SMK3

Setelah perusahaan dilakukan penilaian terhadap penerapan SMK3 maka selanjutnya dilakukan pengawasan oleh Pengawas Ketengakerjaan Pusat, Provinsi dan/atau kabupaten/kota sesuai dengan kewenangnya.

Pengawasan yang dimaksud dalam SMK3 PP No.50 tahun 2012 meliputi :

  1. Pembangunan dan terjaminnya pelaksanaan komitmen
  2. Organisasi perusahaan
  3. Sumber daya manusia
  4. Pelaksanaan peraturan perundang-undangan bidang K3
  5. Keamanan bekerja
  6. Pemeriksaan, pengujian dan pengukuran penerapan SMK3
  7. Pengendalian keadaan darurat dan bahaya industri
  8. Pelaporan dan Perbaikan kekurangan
  9. Tindak lanjut audit

Point terakhir diatas “Tindak Lanjut Audit” maksudnya setelah dilakukan audit oleh Lembaga Audit Independen selanjutnya verifikasi hasil temuan jika sudah dilakukan perbaikan (Clossing Temuan) akan diperiksa (diverifikasi) oleh Pengawas Ketenagakerjaan setempat.

Materi diatas adalah salahsatu topik yang dibahas dalam kegiatan Sosialisasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja program Kementrian Ketenagakerjaan Pusat yang berlokasi di Hotel Ibis Trans Studio Bandung tanggal 18-21 Agustus 2015 yang diikuti oleh 30 orang peserta dari Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan Se-Jawa Barat dan 20 orang peserta dari Praktisi perwakilan perusahaan yang berada di Bandung sekitarnya.

Berikut foto-foto dokumentasi pelatihan tersebut :

1. Instruktur Training Sosialisasi SMK3 Bandung 2. Instruktur Pelatihan SMK3 Muhammad Deny 3. Yel-yel SMK3 4. Peserta Pengawas Ketenagakerjaan Bandung 5. Peserta Training SMK3 Bandung 6. Training Sosialisasi SMK3 Bandung 7. Sosialisasi SMK3 Bandung 8. Training Implementasi SMK3 Bandung 9. Sosialisasi Implementasi SMK3 Bandung 10. Peserta Pelatihan SMK3 11. Muhammad Deny Instruktur SMK3 12. Acara Penutupan Sosialisasi SMK3 Bandung 13. Safety Induction Sosialisasi SMK3 Bandung 14. Foto Bersama Sosialisasi SMK3 Bandung Kemnaker RI 15. Implentasi SMK3 dan Mekanisme Audit SMK3

About DYNAMIQHSE

Berbagi Informasi mengenai Sistem Manajemen K3LM
This entry was posted in Audit SMK3, Informasi K3, Training K3, Umum and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s