Sertifikat Penghargaan dan Bendera SMK3

Apresiasi SMK3Bentuk penghargaan atau apresiasi Pemerintah terhadap perusahaan yang telah menerapkan SMK3 (Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan) berdasarkan Peraturan Pemerintah No.50 Tahun 2012 adalah Sertifikat dan Bendera.

Sejak dikeluarkannya Permenaker No.26 Tahun 2014, Pemberian Sertifikat dan Bendera ini diatur sedemikian rupa sehingga masing-masing perusahaan yang telah dinyatakan LULUS Audit SMK3 menerima Sertifikat dan Bendera yang tidak sama.

Dalam Pemberian Sertifikat bagi perusahaan yang telah menerapkan SMK3 PP 50 th.2012 dg nilai antara 60-84% dari Kategori Perusahaan dengan Tingkatan yg dipilih Awal/Trainsisi/Lanjutan diberikan “Sertifikat Perak”, seperti gambar dibawah ini.

Sertifikat Perak SMK3Pada Peraturan Menaker terbaru ini berbeda dengan Sertifikat SMK3 yang telah dikeluarkannya pada tahun-tahun kemarin, di setiap sertifikat tertulis nilai Prosentase ketercapaiannya dan tertulis juga Tingkat Kategori Perusahaan yang telah dipilih, seperti pada gambar di atas. Logo SMK3 juga yang terdapat di sebelah kiri bawah dan berwarna Perak, dengan ukuran sertifikat ; Panjang 42 cm dan Lebar 29 cm.

Bagi perusahaan yang telah menerapkan SMK3 PP 50 th.2012 dg nilai antara 85-100% dari Kategori Perusahaan dengan Tingkatan yg dipilih Awal/Trainsisi/Lanjutan diberikan “Sertifikat Emas”, seperti gambar dibawah ini.

Sertifikat Emas SMK3

Sertifikat di atas juga tertulis nilai Prosentase ketercapaiannya dan tertulis juga Tingkat Kategori Perusahaan yang telah dipilih. Logo SMK3 juga yang terdapat di sebelah kiri bawah dan berwarna Emas, dengan ukuran sertifikat ; Panjang 42 cm dan Lebar 29 cm.

Untuk penghargaan berupa BENDERA, Sejak dikeluarkannya Permenaker No.26 tahun 2014, maka sejak tahun 2015 ini pemberian Penghargaan Bendera hanya diberikan pada Perusahaan yang telah menerapkan SMK3 dengan Kategori Perusahaan dengan Tingkat Lanjutan atau menerapkan 166 Kriteria.

Bendera Emas dan Bendera Perak SMK3

Ukuran Bendera di atas :

  1. Panjang : 140 cm b. Lebar   : 90 cm c.  Tebal border : 3 cm
  2. Warna latar belakang putih

Hal inilah salahsatu hal yang melatarbelakangi perusahaan untuk mau menerapkan SMK3 PP No.50 Tahun 2012, karena ada bentuk apresiasi dari pemerintah dalam hal pemberian Sertifikat dan Bendera yang dapat meningkatkan IMAGE dan Prestige perusahaan untuk bersaing dalam dunia usaha terutama dalam penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Pemberian Sertifikat dan Bendera ini dilakukan setiap 1 tahun sekali antara bulan Feb-April namun untuk tahun 2015 ini pemberian sertifikat dan bendera berdasarkan info dari Kemnaker R.I diperkirakan setelah habis lebaran dikarenakan ada kendala teknis.

PT. Alkon Indo Sejahtera (AIS) sejak ditunjuk oleh pemerintah dalam hal ini Kemnaker R.I sebagai salahsatu Lembaga Audit SMK3 telah banyak sekali melakukan Audit SMK3 di perusahaan-perusahaan yang menginginkan untuk Sertifikasi SMK3.

Berikut beberapa dokumentasi hasil Audit SMK3 yang telah dilakukan oleh PT. Alkon Indo Sejahtera (AIS) pada PT. Cahaya Abadi Lestari, PT. Mitra Dwitaguna, PT. Trisakti Mustika Graphika ; PT. Intisigma Pratama Cipta ; PT. Tata Sakti Cipta ; PT. Sinar Lima Putra ; PT. Segara Mukti Abadi ; PT. Budi Bakti Prima ; PT. Ashfri Putralora ; PT. Samafitro ; PT. Mitha Prana Chasea ; PT. Purda Nola Chasea Prana ; PT. Parama Matra Widya ; PT. Bumikarsa ; PT. Kembar Abadi Prima dan masih banyak lagi perusahaan-perusahaan yang telah diaudit.

PT. Cahaya Abadi Lestari Audit SMK3 PT. Cahaya Abadi Lestari

PT. Marga Dwitaguna Audit SMK3 PT. Marga Dwitaguna

PT. Ashfri Putralora Audit SMK3 PT. Ashfri Putralora PT. Budi Bakti Prima Audit SMK3 PT. Budi Bakti Prima PT. Bumikarsa Audit SMK3 PT. Bumikarsa PT. Intisigma Pratama Cipta Audit SMK3 PT. Intisigma Pratama Cipta PT. Kembar Abadi Prima Audit SMK3 PT. Kembar Abadi Prima PT. Parama Matra Widya Audit SMK3 PT. Parama Matra Widya PT. Samafitro Audit SMK3 PT. Samafitro PT. Segara Mukti Abadi Audit SMK3 PT. Segara Mukti Abadi PT. Trisakti Mustika Graphika Audit SMK3 PT. Trisakti Mustika Graphika

PT. Mitra Dinamis Yang Utama (MIDIATAMA) atau lebih dikenal dengan DynamiqHSE adalah salahsatu rekanan kerja dari PT. Alkon Indo Sejahtera. DynamiqHSE dapat membantu perusahaan yang menginginkan untuk sertifikasi SMK3 melalui proses Training dan Konsultansi terlebih dahulu sebelum dilakukan Final Audit untuk menghindari adanya temuan Kritikal ataupun Major yang dapat menggagalkan Sertifikasi SMK3.

Lebih Detail Proses Konsultansi dan Training SMK3 Klik Here atau dapat menggunakan Checklist ini untuk mempermudah perusahaan dalam Sertifikasi SMK3 : Download

Atau Segera Hubungi Kami : Call Now

About DYNAMIQHSE

Berbagi Informasi mengenai Sistem Manajemen K3LM
This entry was posted in Audit SMK3, Bimbingan & Konsultasi, Informasi K3, Training K3 and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Sertifikat Penghargaan dan Bendera SMK3

  1. satnova says:

    Dear

    Mitra Dinamis

    Terima kasih

    Satnova

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s