Komitmen Manajemen Terhadap SMK3

Komitmen Manajemen SMK3Dalam Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.50 Tahun 2012 terdapat Prinsip yang Pertama yaitu “Penetapan Kebijakan K3. Dalam menyusun Kebijakan K3 Perusahaan harus melakukan kegiatan paling sedikit sebagai berikut :

  • Melakukan identifikasi potensi bahaya, penilaian dan pengendalian risiko
  • Melakukan perbandingan penerapan K3 dg perusahaan dan sektor lain yg lebih baik
  • Melakukan peninjauan sebab akibat kejadian yang membahayakan
  • Melakukan tinjauan thd kompensasi dan gangguan serta hasil penilaian sebelumnya yang berkaitan dengan keselamatan
  • Melakukan tinjauan thd efisiensi dan efektivitas sumber daya yang disediakan
  • Melakukan tinjauan thd usaha untuk peningkatan kinerja manajemen K3 secara terus menerus
  • Masukan dari Buruh/Pekerja dan/atau serikat pekerja/serikat buruh

Maka dari itu, dijelaskan pula secara terperinci pada Lampiran II, Elemen 1 tentang Pembangunan dan Pemeliharaan Komitmen PP No.50 Tahun 2012 pada Kriteria 1.1.1 s/d 1.1.5 yang mengharuskan Perusahaan untuk  :

  • Membuat kebijakan K3 secara tertulis, bertanggal, yang isinya mencakup tujuan dan sasaran K3 serta pernyataan tertulis komitmen perusahaan mengenai pelaksanaanK3 di tempat kerjanya
  • Melakukan proses konsultasi dalam bentuk rapat yang membahas perumusan isi kebijakan dimana peserta rapat dapat berasal dari anggota P2K3 (wakil tenaga kerja)/wakil departemen dan atau serikat pekerja. Proses konsultasi komunikasi dapat dilihat pada notulensi rapat pembahasan kebijakan ini.
  • Melakukan komunikasi kebijakan K3 melalui : penempelan poster, pembacaan saat briefing pagi, kartu pengenal visitor, lampiran dalam kontrak, materi briefing bagi tamu, papan pengumuman di pintu masuk, pelatihan pengenalan (induction training)
  • Membuat Kebijakan K3 khusus sesuai kondisi tingkat risiko perusahaan spt Kebijakan mengenai penggunaan bahan peledak, radiasi, alcohol & drug, dll.
  • Melakukan peninjauan ulang isi kebijakan secara berkala misal melalui rapat management review meeting tahunan, rapat P2K3 atau rapat lainnya. Bila ada perubahan nama perusahaan, manajemen, visi, dll. maka kebijakan juga harus direvisi. Jadwal waktu tinjauan ulang sebaiknya dicantumkan dalam dokumen kebijakan.

Contoh konkrit perusahaan yang baru menerapkan SMK3 PP No.50 Tahun 2012 yaitu dengan mangajak semua perwakilan Unit Kerja/Dept serta perwakilah Buruh/Pekerja untuk melakukan Kick Off Meeting sebagai tanda bahwa SMK3 ini sudah Resmi mulali diterapkan di Perusahaan.

Hal inilah yang dilakukan oleh PT. Samafitro pada tgl 20 Januari 2015 dg melakukan Kick Off Meeting dan Penandatanganan Komitmen Bersama yang dimulai dari oleh Direktur Utama PT.Samafitro Bpk. Dionesius Setiabudi yang diikuti oleh para Direksi, Manager, Staff dan Perwakilan pekerja. Komitmen ini sebagai momentum dimulainya penerapan SMK3 PP No.50 Tahun 2012 di Kantor Pusat dan Semua kantor cabang di seluruh Indonesia perusahaan ini.

Komitmen SMK3 Komitmen SMK3 Komitmen SMK3 Komitmen SMK3

Selang beberapa waktu kemudian pada tanggal 29 Januari 2015 Perusahaan ini melakukan Pelatihan Awareness SMK3 PP No.50 tahun 2012 secara In House Training untuk memberikan kesadaran akan pentingnya K3 di tempat kerja untuk mencegah Kecelakaan Kerja dan Penyakit Akibat Kerja (PAK).

Training Awareness SMK3 PP No.50 2012 Training Awareness SMK3 PP No.50 2012 Training Awareness SMK3 PP No.50 2012 Training Awareness SMK3 PP No.50 2012 Training Awareness SMK3 PP No.50 2012

About DYNAMIQHSE

Berbagi Informasi mengenai Sistem Manajemen K3LM
This entry was posted in Audit SMK3, Informasi K3, Training K3 and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s