Kegiatan Audit Mutu Internal Berdasarkan SNI ISO 19011:2012

Audit Mutu InternalYang dimaksud dengan AUDIT yaitu Proses yang sistematis, independen dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti audit dan mengevaluasinya secara objektif untuk menentukan sejauh mana kriteria audit dipenuhi “  (SNI ISO 19011-2012).

Dalam pelaksanaan Audit Mutu Internal terdapat definisi / istilah-istilah yang perlu dipahami  yaitu :

  1. Audit Internal disebut audit pihak kesatu (First Part Audit), dilakukan oleh organisasi sendiri, atau atas nama organisasi sendiri untuk kaji ulang manajemen dan maksud internal lain (misalya untuk konfirmasi efektivitas sistem manajemen atau untuk memperoleh informasi pada peningkatan sistem manajemen).
  2. Audit Eksternal disebut audit pihak kedua atau ketigaAudit pihak kedua dilakukan oleh pelanggan (Customer) atau badan atau seseorang yang ditunjuk oleh pelanggan. Audit pihak ketiga dilakukan oleh badan independen lain, misalnya badan sertifikasi yang menerbitkan sertifikat.
  3. Audit Gabungan (Combined Audit) adalah audit yang dilakukan oleh lebih dari satu badan auditor yang berbeda disiplin ilmu.
  4. Audit Bersama (Joint Audit) adalah  ketika dua atau lebih organisasi audit bekerjasama untuk mengaudit suatu audit tunggal
  5. Kriteria Audit : Seperangkat Kebijakan, Prosedur atau Persyaratan yang dipakai sebagai rujukan bagi bukti audit.
  6. Bukti Audit : Rekaman / Catatan, pernyataan fakta atau informasi lain yang relevan dengan kriteria audit dan dapat diverifikasi
  7. Temuan Audit : Hasil Penilaian dari bukti audit yang dikumpulkan terhadap kriteria audit. Bisa berupa kesesuaian atau ketidaksesuaian (untuk peluang perbaikan).
  8. Kesimpulan Audit : Hasil audit yang diberikan oleh tim audit setelah mempertimbangkan tujuan audit dan semua temuan audit.
  9. AuditeeOrganisasi atau Pihak yang diaudit
  10. Auditor : Orang yang melakukan audit, yang memiliki kompetensi untuk melakukan audit.
  11. Tim Audit :  Seorang auditor atau lebih yang melakukan audit didukung kalau perlu oleh pakar teknis. (Seorang auditor dari tim audit, dapat ditunjuk sebagai “audit team leader”. Tim audit dapat mencakup “auditor magang.
  12. Pakar TeknisOrang yang menyediakan pengetahuan khusus atau kepakaran kepada tim audit. (Pakar teknis tidak bertindak sebagai auditor. Hanya diminta pendapatnya terkait dengan proses di organisasi auditee)
  13. Rencana Audit : Uraian kegiatan dan pengaturan untuk suatu audit
  14. Program Audit : Seperangkat satu atau lebih audit. Yang direncanakan untuk suatu kerangka waktu tertentu dan diarahkan pada tujuan tertentu.
  15. Lingkup Audit : Jangkauan dan batas-batas audit (Biasanya mencakup batasan lokasi fisik, satuan organisasi, kegiatan dan proses, juga rentang waktu)
  16. KompetensiSifat pribadi, pengetahuan, keterampilan, pendidikan dan pengalaman yang diperagakan.

Sebelum pelaksanaan Audit Internal, MR dan Tim Audit membuat program audit dg mengikuti Siklus PDCA spt gbr di bawah ini :

Siklus PDCA dlm Audit Mutu Internal

Tujuan dari Manajemen Audit diatas yaitu untuk :

  • Menetapkan sasaran dan cakupan program audit
  • Menetapkan tanggung jawab, sumber daya dan prosedur
  • Memastikan implementasi program audit
  • Memantau meninjau dan meningkatkan program audit
  • Memastikan catatan-catatan program audit yang sesuai dipelihara.

Pada saat pelaksanaan Audit, Idealnya Audit Mutu Internal dilakukan dengan tahapan sebagai berikut :

Proses Pelaksanaan Audit Mutu Internal ISO 9001

Salahsatu Materi diatas inilah yang dibahas dalam Pelatihan Sistem Manajemen Mutu Berdasarkan ISO 9001:2008 yang dilakukan di PT. Incoray Nitrama pada tgl 23, 24 dan 25 Jan 2015 secara In House Training. Pelatihan ini dilakukan secara interaktif dangan Games dan Roleplay menjadi Seorang Auditor. Detail Silabus Klik Here

Berikut Foto-foto pelaksanaan pelatihan :

Pelatihan ISO 9001 In House Pelatihan ISO 9001 In House Pelatihan ISO 9001 In House Pelatihan ISO 9001 In House Pelatihan ISO 9001 In House Pelatihan ISO 9001 In House Pelatihan ISO 9001 In House Pelatihan ISO 9001 In House Pelatihan ISO 9001 In House Pelatihan ISO 9001 In House Pelatihan ISO 9001 In House Pelatihan ISO 9001 In House Pelatihan ISO 9001 In House Pelatihan ISO 9001 In House Pelatihan ISO 9001 In House Pelatihan ISO 9001 In House Pelatihan ISO 9001 In House Pelatihan ISO 9001 In House

Pelatihan ISO 9001 In House

About DYNAMIQHSE

Berbagi Informasi mengenai Sistem Manajemen K3LM
This entry was posted in ISO 9001, Training ISO 9001 and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s