Prinsip Pemadaman Kebakaran

Bahaya KebakaranTempat kerja merupakan salah satu lokasi yang rawan terhadap bahaya kebakaran, maka berdasarkan hal tersebut pemerintah telah menetapkan peraturan perundangan untuk menanggulangi masalah kebakaran. Seperti yang tertuang dalam Undang-undang No. 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja pasal 3 ayat 1 yang berisi tentang syarat-syarat keselamatan kerja untuk : mencegah, mengurangi dan memadamkan kebakaran ; mencegah dan megurangi peledakan ; memberikan kesempatan/jalan menyelamatkan diri dalam bahaya kebakaran ; pengendalian penyebaran asap, gas, dan suhu.

Yang dimaksud dengan Kebakaran di atas adalah api yang tidak terkontrol dan tidak dikehendaki karena dapat menimbukan kerugian baik harta benda maupun korban jiwa.

Segitiga ApiApi dapat terbentuk jika terdapat keseimbangan tiga unsur yang terdiri dari bahan bakar, oksigen, dan panas. Hubungan ketiga komponen ini biasanya disebut dengan segitiga api, sehingga bila mana salah satu unsur tersebut dihilangkan maka api akan padam.

Bedasarkan teori segitiga api maka prinsip pemadaman api adalah dengan merusak keseimbangan pencampuran ketiga unsur penyebab kebakaran, atau dengan menghentikan proses pembakaran dengan memutus rantai reaksi. Prinsip itu dapat dilakukan dengan teknik-teknik sebagai berikut :

1 .Smothering (Isolasi/Menyelimuti)

Suatu kebakaran dibatasi dengan memutus hubungan bahan bakar dengan oksigen atau udara yang diperlukan bagi terjadinya proses pembakaran.

Mengambil/mengurangi/memisahkan udara dengan bahan bakar sehingga tidak ada kontak pada kedua zat tersebut. Cara ini dilakukan misalnya dengan menutup permukaan bahan bakar dengan  :

  • Selimut api (fire blanket)
  • Karung basah
  • Lumpur/ pasir/  tanah
  • Dengan Foam ( busa)

.Cooling (Mendinginkan)

Suatu kebakaran dapat dipadamkan dengan mendinginkan permukaan dari bahan yang terbakar dengan menggunakan semprotan air sampai suhu dibawah titik nyala. Cara yang dilakukan untuk menurunkan suhu temperatur bahan bakar dibawah titik nyala yaitu dengan :

  • Semprotan air
  • Ditimbun dengan pohon yg mengandung air.
  • Dengan Co2

.Starvation (Menguraikan/Memisahkan)

Mengurai / mengurangi jumlah bahan yg terbakar / Memutuskan supplay bahan bakar. Cara ini dapat dilakukan dengan cara :

  • Memisahkan benda yg terbakar
  • Menjauhkan benda  yg belum terbakar.
  • Menutup kran pada instalasi gas/ minyak.

.Breaking Chain Reaction (Memutuskan Rantai Reaksi Kimia)

Terjadinya proses pembakaran dari gabungan ketiga unsur menghasilkan gas-gas lainnya seperti H2S, NH3, HCN (sesuai dengan benda yang terbakar). Hasil reaksi yang penting adalah atom bebas O dan H yang dikenal sebagai atom-atom radikal yang membentuk OH dan pecah menjadi H2 dan O. Dengan memutus rantai reaksi kimia pembakaran sehingga tidak ada lagi radikal bebas bahan bakar yang bereaksi.

Cara ini misalnya dengan menebas api (mekanis) atau menambahkan bahan kimia ke reaksi pembakaran (Dry chemical).

Metode Pemadaman Kebakaran

.Dilution (Melemahkan)

Cara ini sama halnya dengan smothering, hanya saja pada cara ini seperti mengurangi konsentrasi dari setiap unsur pembentuk api (Heat, fuel, oxygen) dengan memadukan keempat teori di atas. Mengurangi kadar oksigen di udara sampai batas minimum sehingga pembakaran tidak dapat berlangsung.

Berdasarkan Kepmenaker : No.KEP.186/MEN/1999 tentang Unit Penanggulangan Kebakaran di Tempat Kerja Pasal 2 Ayat 1 : Bahwa setiap Pengurus atau Perusahaan wajib mencegah, mengurangi dan memadamkan kebakaran, latihan penganggulangan kebakaran di tempat kerja.

Karena hal di atas maka, PURA GROUP yang berkantor pusat di Kudus Jawa Tengah mengadakan pelatihan rutin untuk membentuk tim pemadam kebakaran internal. Pada tanggal 10-12 Desember 2014 telah dilakukan pelatihan In House Training Sertifikasi Kemenaker untuk Petugas Peran Kebakaran Paket D (Tingkat Dasar 1) oleh PJK3 PT.Geo Kreasi Mandiri.

Petugas Peran KebakaranPembinaan & Sertifikasi ini di ikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri dari perwakilan unit kerja yang ada dari 25 Divisi di PURA GROUP. PURA GROUP adalah Perusahaan terbesar di Indonesia dan Se Asia Tenggara dibidang Percetakan dan Pengepakan. Bidang-bidang Usaha dari Perusahaan ini : Sistem Anti Pemalsuan, Pembuatan Kertas Security & Kertas Uang, Konversi Kertas & Film, Percetakan & Pengepakan, Teknologi Identifikasi Tingkat Tinggi, Rekayasa.

Adapun Silabi Paket D (Peran Petugas Kebakaran) sesuai dengan Kepmenaker No.Kep.186/MEN/1999 yaitu 25 JP (Jam Pelajaran) yang terdiri dari :

  1. Norma K3 Penanggulangan Kabakaran
  2. Manajemen Penanggulangan Kebakaran
  3. Teori Api dan Anatomi Kebakaran I
  4. Pengenalan Sistem Proteksi Kebakaran (Pasif & Aktif)
  5. Prosedur Darurat Bahaya Kebakaran
  6. Praktek Pemadaman Api Mula menggunakan APAR
  7. Evaluasi (Postest)

Dokumentasi Pada Saat Pelatihan di Ruang Pelatihan dan di Lapangan untuk Praktek

Pelatihan K3 Kebakaran Instruktur K3 Kebakaran Pelatihan K3 Kebakaran Pembinaan K3 Kebakaran Instruktur K3 Kebakaran Pelatihan Petugas Peran Kebakaran Proses Pemadaman api mula  Instruktur K3 Kebakaran Instruktur K3 Kebakaran Petugas Peran Kebakaran Teknik Penggunaan APAR Pemadaman APi dengan APAR

Semoga Pelatihan ini dapat bermanfaat untuk perusahaan PURA GROUP Indonesia.

Pembinaan Peran Tim Kebakaran Level DYuk Ikut Pelatihannya Pembinaan & Sertifikasi Pemadam Kebakaran Kelas D,

Dengan Biaya yang sangat terjangkau lebih Murah dari Provider lain, Gak Percaya ?? Cek Google,

Oke Saya Daftar Sekarang !!!

Informasi lain terkait dengan Kompetensi Unit Penanggulangan Kebakaran Klik Disini

About DYNAMIQHSE

Berbagi Informasi mengenai Sistem Manajemen K3LM
This entry was posted in K3 Kebakaran and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Prinsip Pemadaman Kebakaran

  1. Mantap boss deny foto pelatihannya

    salam,
    LK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s