Hubungan antara Ahli K3 Konstruksi & RK3K (Rencana K3 Kontrak)

Ahli Muda K3 Konstruksi ProfesionalAhli K3 Konstruksi adalah tenaga teknis yang mempunyai kompetensi khusus di bidang K3 Konstruksi dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi SMK3 Konstruksi yang dibuktikan dengan sertifikat pelatihan dan kompetensi yang diterbitkan oleh lembaga atau instansi yang berwenang sesuai dengan Undang-Undang (Peraturan Menteri Pekerjaan Umum  Nomor : 05 /PRT/M/2014)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, (klik disini). Bahwa jika Pekerjaan Konstruksi mengandung Potensi bahaya tinggi yaitu Pekerjaan bersifat berbahaya dan/atau mempekerjakan tenaga kerja paling sedikit 100 orang dan/atau nilai kontrak diatas Rp. 100.000.000.000,- (seratus milyar rupiah) WAJIB melibatkan Ahli K3 Konstruksi.

Keterlibatan seorang Ahli K3 Konstruksi dalam penerapan SMK3  Konstruksi yaitu dimulai pada saat Penyedia Jasa (kontraktor) menyusun RK3K (Rencana K3 Kontrak) untuk pemasukan Tender. Yang dimaksud dengan RK3K adalah dokumen lengkap rencana penyelenggaraan SMK3 Konstruksi Bidang PU dan merupakan satu kesatuan dengan dokumen kontrak suatu pekerjaan konstruksi, yang dibuat oleh Penyedia Jasa dan disetujui oleh Pengguna Jasa, untuk selanjutnya dijadikan sebagai sarana interaksi antara Penyedia Jasa dengan Pengguna Jasa dalam penyelenggaraan SMK3 Konstruksi Bidang PU.

RK3K Penawaran yang disusun oleh Penyedia Jasa untuk usulan penawaran dalam pemilihan penyedia barang/jasa, merupakan bagian dari usulan teknis dalam dokumen penawaran, sebagaimana diatur dalam pedoman terkait pemilihan penyedia barang/jasa yang berlaku di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum.

Pada saat Tender, Apabila berdasarkan hasil evaluasi diketahui bahwa RK3K Penawaran tidak memenuhi kriteria evaluasi teknis K3 dalam dokumen pemilihan penyedia barang/jasa, maka penawaran dapat dinyatakan gugur.

Karena hal di atas, Perusahaan Kontraktor Konstruksi sangat membutuhkan Seorang Ahli K3 Konstruksi yang berkompeten dan berserfikasi.

Pada tanggal 17-20 Nopember 2014 telah dilakukan Pelatihan Ahli Muda K3 Konstruksi dengan Penyelenggara dari PJK3 PT. SEPRO INDOTAMA (PJK3 milik Asosiasi Ahli K3 Konstruksi Indonesia).

Ahli Muda K3 Konstruksi Ahli Muda K3 Konstruksi Ahli Muda K3 Konstruksi Ahli Muda K3 Konstruksi Ahli Muda K3 Konstruksi Ahli Muda K3 Konstruksi

Semoga Pelatihan ini Bermanfaat, Demi Tercapainya Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2015 terutama di Sektor Konstruksi.

About DYNAMIQHSE

Berbagi Informasi mengenai Sistem Manajemen K3LM
This entry was posted in Informasi K3, Training K3 and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s