Audit OHSAS 18001:2007

Audit OHSAS 18001OHSAS merupakan kependekan dari Occupational Health & Safety Assessment Series. OHSAS merupakan Sistem Manajemen K3 (SMK3) yang sering digunakan oleh perusahaan, namun OHSAS sendiri bukan merupakan standar ISO. Karena OHSAS bersifat Voluntary atau Sukarela (Tidak diwajibkan). OHSAS 18001:2007 dalam proses perubahan menjadi ISO yang akan diterbitkan pada tahun 2016 menjadi ISO 45001:2016 (Lebih Lengkap Baca Disini).

Di Indonesia, Perusahaan-perusahaan hanya diwajibkan untuk Sertifikasi SMK3 berdasarkan PP No.50 Tahun 2012. Terlepas dari itu semua pada dasarnya kedua sistem manajemen K3 diatas tujuannya sama yaitu Pencegahan Kecelakaan Kerja dan Penyakit Akibat Kerja (PAK).

Didalam OHSAS juga berlaku sistem PDCA (Plan Do Check Action) yang mana pada “Check” , Perusahaan diminta untuk dapat memeriksa dan mengevaluasi keefektifan dari penerapan Sistem Manajemen K3 yang telah berjalan sebelumnya. Untuk itu perusahaan perlu melakukan AUDIT.

OHSAS 18001 PelatihanSeperti tertuang dalam Klousul 4.5.5 OHSAS 18001:2007  yang isi nya sebagai berikut :

Organisasi harus membuat dan memelihara program dan prosedur untuk pelaksanaan audit sistem manajemen K3 secara berkala, agar dapat:

1. menentukan apakah sistem manajemen K3:

a)sesuai     dengan      pengaturan      yang direncanakan untuk manajemen K3, termasuk persyaratan Standar OHSAS ini, dan

b)telah diterapkan dan dipelihara secara baik; dan

c)efektif  memenuhi  kebijakan  dan  tujuan­tujuan organisasi;

2.memberikan   informasi   tentang   hasil   audit kepada pihak manajemen.

Audit Sistem manajemen K3 secara berkala ini dilakukan secara Internal dan Eksternal, yang dimaksud dengan :

A. Audit Internal disebut audit pihak kesatu (First Part Audit), dilakukan oleh organisasi sendiri, atau atas nama organisasi sendiri untuk kaji ulang manajemen dan maksud internal lain (misalya untuk konfirmasi efektivitas sistem manajemen atau untuk memperoleh informasi pada peningkatan sistem manajemen).

B. Audit Eksternal disebut audit pihak kedua atau ketiga,

  – Audit pihak kedua dilakukan oleh pelanggan (Customer) atau badan atau seseorang yang ditunjuk oleh pelanggan.

– Audit pihak ketiga dilakukan oleh badan independen lain, misalnya badan sertifikasi yang menerbitkan sertifikat.

Karena hal diatas, Jika perusahaan yang sudah menerapkan OHSAS 18001:2007 dan telah tersertifkasi Wajib dilakukan Audit Pihak Ketiga oleh Lembaga Audit Independen.

Pada tanggal 22-23 Oktober 2014 dilakukan Audit Eksternal berupa Audit Surveilance (Audit Tahunan/Berkala) pada PT. INDO FUJI ENERGY oleh Lembaga Sertifikasi Indah Karya Registered Certification Services (IKRCS).

Audit OHSAS Indo Fuji Energi Auditor OHSAS 18001 Audit OHSAS Indo Fuji Energi Auditor OHSAS 18001

Bertempat di Jalan Warung Buncit Jakarta Selatan, Audit Survailance berlangsung lancar dan sangat komunikatif antara auditor dan auditee, mulai pada saat pembukaan, pelaksanaan sampai pada saat penutupan Audit, Pucuk Pimpinan dalam hal ini Direktur dan para manager sangat membantu sekali. Inilah salah satu komitmen perusahaan terhadap penerapan OHSAS 18001:2007.

Auditor OHSAS 18001

Semoga dengan hasil Audit Survailance ini, PT. Indo Fuji Energi dapat meningkatkan Implementasi Sistem Manajemen K3 berdasarkan OHSAS 18001:2007 secara terus menerus sehingga selalu tercapai tujuan Pencegahan Kecelakaan Kerja dan Penyakit Akibat Kerja di semua tempat kerja di perusahaan.

About DYNAMIQHSE

Berbagi Informasi mengenai Sistem Manajemen K3LM
This entry was posted in Audit SMK3, Informasi K3, OHSAS 18001 and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s