Proses Sertifikasi SMK3 PP 50 Tahun 2012

Sertifikat SMK3 PP 50 tahun 2012

Gambar diatas adalah Format Sertifikat SMK3 Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.50 Tahun 2012.

Bagi perusahaan yang mempekerjakan Pekerja/buruh lebih dari 100 orang atau kurangdari 100 orang dengan potensi bahaya tinggi WAJIB menerapkan SMK3 dengan dibuktikan dari Sertifikat SMK3.

Sertifikat SMK3 adalah bukti pengakuan tingkat pemenuhan penerapan peraturan perundangan SMK3. Proses sertifikasi SMK3 suatu perusahaan dilakukan oleh Lembaga Audit Independen melalui proses audit SMK3. Sertifikat SMK3 diberikan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada bulan K3 antara bulan Feb-April secara serentak se-Indonesia yang diberikan di Jakarta.

Lembaga Audit SMK3 yang telah ditunjuk oleh Kemenakertrans RI sampai saat ini hanya ada 8 Lembaga Audit SMK3 di Indonesia yaitu :

  1. PT. Sucofindo (SICS),
  2. PT. Surveyor Indonesia (SI),
  3. PT. Jatim Aspek Nusantara (JAN),
  4. PT. Alkon Indo Scaffolding, (ALKON)
  5. PT. Biro Klasifikasi Indonesia (BKI),
  6. PT. Jasa Sertifikasi (JASER),
  7. PT. SAI Global Indonesia (SAI),
  8. PT. Multi Sertifikasi Indonesia (MSI).

Dalam pelaksanaan Audit SMK3 ada proses yang harus dilakukan oleh perusahaan sebelum dilakukan Audit SMK3 oleh Lembaga Audit Independen yaitu :

1. Perusahaan mengajukan surat permohonan audit SMK3 kepada Dirjen pembinaan dan Pengawasan Ketenagakerjaan Kementerian Tenaga kerja dan Transmigrasi Rl (Jika sudah siap untuk di lakukan audit SMK3) Jl.Jend.Gatot subroto No.51 Jakarta.

  • Surat di Cc (tembusan) kepada Disnaker setempat tempat perusahaan berlokasi.
  • Surat juga di Cc (tembusan) kepada Lembaga Audit SMK3 yang dipilih dari 8 di atas.

2. Lembaga Audit SMK3 akan memberikan surat jawaban mengenai penjadwalan pelaksanaan audit SMK3 sebagai dasar jawaban atas permintaan dari perusahaan.

3. Perusahaan yang mengajukan SMK3 diharuskan sudah menerapan SMK3 Minimal 3 bulan dan diharuskan juga telah memiliki dokumen sistem manajemen K3 meliputi

  • Pedoman K3 (Manual SMK3), Prosedur, lnstruksi Kerja, Formulir.
  • Jika perusahaan telah menerapkan OHSAS 18001:2007, perusahaan hanya menambahkan Matrik Integrasi Sistem Manajemen antara OHSAS dan PP No. 50 Tahun 2012, karena pada OHSAS 18001:2007 memiliki kesamaan 90% dengan PP No. 50 Tahun 2012
  • Menambahkan referensi PP No. 50 Tahun 2012 pada semua dokumen/prosedur
  • Pemenuhan aspek legal spt : Pembentukan P2K3 yang disahkan Disnaker setempat, Pemeriksaan Kesehatan pegawai, Sertifikasi alat produksi (SIA) & Sertifikasi Operator (SIO), ldentifikasi Bahaya, Penilaian & Pengendalian Risiko, Audit lnternal SMK3 (jika penerapan dengan 166 Kriteria), Rapat Tinjauan Manajemen,

4. Penerbitan sertifikat dilakukan oleh Kemenakertrans Rl pada bulan K3 serentak seluruh Indonesia, dan di tandatangan oleh Menakertrans Rl, untuk masa berlaku 3 tahun. Lembaga Audit SMK3 hanya mengeluarkan laporan hasil audit SMK3, dan memberikan rekomendasi tingkat pencapaian penerapan SMK3 perusahaan.

5. Surveillance SMK3 bersifat optional (pilihan/tidak diwajibkan) jika memang perusahaan membutuhkan untuk menjaga konsistensi perusahaan dalam penerapan SMK3 PP No.50 Tahun 2012

6. Sertifikat Sementara untuk kebutuhan bisnis/tender yang dibutuhkan oleh perusahaan selama menunggu proses penerbitan Sertifikasi Asli, akan dikeluarkan langsung dari Kemenakertrans RI berupa Surat Keterangan (SK) Lulus Audit SMK3.

7. Penilaian Tingkat penerapan SMK3 PP 50 Tahun 2012 di perusahaan tergantung dari Persentase Tingkat Pencapaian Penerapan yang diperoleh, Berikut Tabel Penilaian Tingkat Penerapan SMK3 :

Penilaian Audit SMK3 PP 50 tahun 2012

Semoga Bermanfaat.

About DYNAMIQHSE

Berbagi Informasi mengenai Sistem Manajemen K3LM
This entry was posted in Audit SMK3, Bimbingan & Konsultasi, Informasi K3, Training K3, Umum and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s