Sistem Manajemen Integrasi (SMI) atau Terpadu (SMT)

Sistem Manajemen Integrasi

Bagi perusahaan yang ingin mengintegrasikan QMS (Quality Management System), EMS (Environment Management System) dan OHSAS (Occupational Health & Safety Assessment Series), sering timbul pertanyaan bagaimana caranya menuliskan dokumen yang diperlukan untuk ketiga sistem tersebut secara efisien?

Kalau kita mencermati lebih rinci masing-masing persyaratan, kita akan menemukan persyaratan yang sama dari segi judul, namun sangat berbeda dalam hal konteksnya. Hal ini membuat kita dituntut untuk mampu mencari keterkaitan dari persyaratan-persyaratan tersebut dengan membuat matrik korespondensi dari ketiga sistem tsb.

Seringkali kita juga bertanya-tanya, bagaimana persyaratan-persyaratan tersebut dapat digabung menjadi satu atau tetap berdiri sendiri-sendiri? Penggabungan atau pengintegrasian ini dilakukan mulai dari dokumen level I, level II, atau level III?

DEFINISI INTEGRASI/TERPADU

Integrasi berarti menggabungkan, memasukkan beberapa komponen kedalam satu bagian yang tidak berdiri sendiri.

Sistem

adalah hubungan beberapa komponen yang mengarah pada satu tujuan. Komponen ini mencakup: organisasi, sumber daya, proses.

Manajemen Integrasi/Terpadu :

adalah konsep dimana manajemen berfungsi dalam mengelola segala aspek dalam bagiannya, seperti perencanaan, produksi, keselamatan, personel, mutu, lingkungan, keuangan dan lain sebagainya.

SISTEM MANAJEMEN INTEGRASI/TERPADU

“Sistem manajemen yang mengintegrasikan semua sistem dan proses organisasi dalam satu kerangka lengkap, yang memungkinkan organisasi untuk bekerja sebagai satu kesatuan dengan tujuan terpadu/ terintegrasi”

Kenapa harus integrasi/terpadu?

Apapun yang mempengaruhi hasil bisnis harus menjadi bagian sistem manajemen organisasi.

Sebuah Sistem sebaiknya terdiri atas  semua aspek dalam organisasi seperti Mutu, K3, Lingkungan, personal, keuangan dan keamanan.

Manfaat integrasi/terpadu :

  • Mengurangi duplikasi pekerjaan
  • Mengurangi resiko dan meningkatkan keuntungan
  • Menselaraskan sasaran
  • Menselaraskan tanggung jawab dan wewenang
  • Lebih fokus dalam penyelesaian masalah
  • Menciptakan konsistensi
  • Meningkatkan efektifitas komunikasi

Hambatan dalam intergrasi :

  • Persaingan antar departemen
  • Beban kerja
  • Pandangan atas birokrasi
  • Peraturan-peraturan yang terpisah antara:
    1. Mutu
    2. Lingkungan
    3. K3
    4. dsb

Untuk dapat mengintegrasikan ketiga Sistem tsb, didalam OHSAS 18002:2008 Annex A (Informative) Lampiran, Pengguna ketiga sistem ini sudah dimudahkan dengan adanya Tabel Correspondence between OHSAS 18001:2007, ISO 14001:2004 dan ISO 9001:2008.

Contoh Tabel Korespondensi sebagai berikut :

Tabel Korespondensi ISO 9001 ISO 14001 OHSAS 18001

Didalam PAS 99 (Publicly Available Specification 99) atau  lebih dikenal yang saat ini edisi terakhir terbit yaitu PAS 99:2012, diterbitkan oleh BSI (British Standard Institute) juga telah memberikan kemudahan bagi pengguna untuk dapat mengintegrasikan ketiga sistem ini.

PAS 99 (Publicly Available Specification 99) adalah persyaratan umum untuk sistem manajemen yang dapat digunakan sebagai kerangka kerja dalam merancang suatu sistem manajemen terintegrasi.

Berikut gambaran secara umum dari PAS 99:2012 :

PAS 99 2012

Untuk lebih memahami mengenai Sistem Manajemen Integrasi atau Terpadu diatas dan teknik mengaudit sistem manajemen integrasi, Kami menyediakan Paket Pelatihan In House Training / Off House Training bagi Bpk/Ibu.

Segera daftarkan diri melalui email : muhammaddeny@gmail.com atau sms/WA 08153851619 atau daftar Online disini :

Register Now

About DYNAMIQHSE

Berbagi Informasi mengenai Sistem Manajemen K3LM
This entry was posted in Bimbingan & Konsultasi, Informasi K3, ISO 14001, ISO 9001, OHSAS 18001, Training ISO 9001, Training K3 and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s