Audit Eksternal SMK3 PDAM Kota Balikpapan

Audit Eksternal SMK3 PDAM Balikpapan

Pelaksanaan K3 adalah salah satu bentuk upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat dan sejahtera, bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, serta bebas pencemaran lingkungan menuju peningkatan produktivitas sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Seperti kita ketahui bahwa kecelakaan kerja bukan hanya menimbulkan korban jiwa maupun kerugian material bagi pekerja dan pengusaha tetapi dapat juga mengganggu proses produksi secara menyeluruh dan merusak lingkungan yang akhirnya berdampak kepada masyarakat luas.

Para Direktur PDAM Balikpapan Audit SMK3Hal inilah yang mendorong Direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Balikpapan untuk menerapkan SMK3 berdasarkan PP 50/2012 secara maksimal.

Salahsatu bukti Implementasi dari Penerapan 5 Prinsip SMK3 PP 50 2012 yaitu Pemantauan dan Evaluasi Kinerja K3 berupa Audit SMK3

Berdasarkan BAB I Pasal 1 no. 7 PP 50 2012 : AUDIT SMK3 adalah Pemeriksaan secara sistematis dan independen terhadap pemenuhan kriteria yang telah ditetapkan untuk mengukur suatu hasil kegiatan yang telah direncanakan dan dilaksanakan dalam penerapan SMK3 di perusahaan.

Karyawan PDAM Balikpapan Audit SMK3

Pelaksanaan Audit SMK3 di PDAM Kota Balikpapan ini dilakukan oleh Lembaga Audit SMK3 Independen yang ditunjuk oleh Kemenakertrans RI yaitu PT. Alkon Indo Scafolding.

Audit dilakukan selama 2 hari yaitu tanggal 02-03 Juli 2014 di Kantor Pusat dan Unit Pengolahan Air 2 di Kilo 8 Kota Balikpapan dengan Lead Auditor saya sendiri Muhammad Deny dan Auditor yaitu Bpk. Ir. Lazuardi Nurdin,CSP

Audit SMK3 Kota Balikpapan PDAMOpening Meeting dilakukan pada hari Rabu 02 Juli 2014 yang di hadiri oleh Direksi, Kabag, Kasubag dan perwakilan dari Unit kerja Kantor Pusat serta Perwakilan dari 8 Unit Pengolahan Air di Kota Balikpapan berlokasi di Kantor Pusat Graha Tirta Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Balikpapan dengan alamat Graha Tirta Jl.Ruhui Rahayu 1, Balikpapan.

Opening meeting dimulai dengan pembukaan oleh Bpk Ghazali selaku MR yang mewakili manajemen perusahaan dilanjutkan Pembukaan Resmi oleh Bp M. Saufan selaku Direktur Utama dengan penjelasan komitmen dan pelaksanaan K3 pada umumnya dan penerapan SMK3 pada khususnya.

Karyawan PDAM Balikpapan Audit SMK3Clossing Audit SMK3 PDAM Balikpapan

Pelaksanaan Audit Eksternal SMK3 pada hari kedua dengan tinjauan ke Unit Pengolahan Air 2 di Kilo 8 Kota Balikpapan.

Auditor SMK3 PDAM Balikpapan Unit Pengolahan 2 PDAM Balikpapan Audit SMK3 Audit SMK3 Unit Pengolahan 2 PDAM Balikpapan Peserta Auditee Audit SMK3

PDAM Balikpapan Audit SMK3 PDAM Audit SMK3

Clossing Meeting dilaksanakan pada hari Kamis  tanggal 03 Juli 2014, pukul 14.00 WITA dan berakhir pada pukul 16.00 WITA. Dalam pertemuan akhir dihadiri oleh seluruh anggota Tim Auditor, para Direktur, Kabag, Kasubag dan perwakilan Unit Pengolahan Air PDAM Kota Balikpapan.

Direksi PDAM Audit SMK3Pada Clossing meeting Lead Auditor menyampaikan kembali tentang definisi, tujuan, ruang lingkup audit SMK3 PP 50/2012. Pelaksanaan teknis audit dan kegiatan setelah audit SMK3. Setelah Tim Auditor menyampaikan hasil temuan audit, peserta pertemuan/wakil dari perusahaan menyampaikan beberapa tanggapan sehubungan dengan hasil temuan audit termasuk memberikan waktu untuk sanggah jika terdapat ketidaksesuaian yang tidak cocok dengan yang ada di lapangan.

Opening Audit SMK3 PDAM BalikpapanSelanjutnya Bpk. M.Saufan selaku Direktu Utama dan Ketua P2K3  menyampaikan terima kasihnya dan menjelaskan rencana tindak lanjut temuan audit akan segera diselesaikan dan dilaporkan secara tertulis disertai bukti pelaksanaannya. Beliau menyampaikan kepada jajaran Direksi, Kabag, Kasubag, dan semua yang hadir, meminta dengan segera untuk menindak lanjuti semua temuan hasil audit. Beliau juga meminta  kepada semua jajaran manajemen dan staff nya untuk menjaga kinerja yang telah dicapai ini.

Selamat kepada PDAM Kota Balikpapan atas telah LULUS Audit Eksternal SMK3 dengan tingkat pencapaian penilaian penerapan Memuaskan.

Top Manajemen PDAM Balikpapan

About DYNAMIQHSE

Berbagi Informasi mengenai Sistem Manajemen K3LM
This entry was posted in Audit SMK3, Informasi K3 and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Audit Eksternal SMK3 PDAM Kota Balikpapan

  1. Rizky Dwi Cahyadi says:

    Kalau boleh saya tau, apa saja hal-hal yang diaudit? Poin-poinnya apa saja?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s