ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan)

ISO 14001 IndonesiaSeiring dengan pembangunan yang berkelanjutan dewasa ini, perusahaan-perusahaan mengalami perubahan dalam orientasi pemasaran, tidak hanya mutu produk/jasa yang ditonjolkan namun sudah mengarah ke tuntutan dunia International terhadap Pengendalian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Lingkungan yang baik dan terkendali.

Kesadaran, kepedulian dan pemahaman tentang pentingnya pengelolaan lingkungan dalam suatu perusahaan hanya dapat dicapai apabila semua anggotanya berkontribusi aktif dalam penerapan Sistem Manajemen Lingkungan (SML) yang telah telah disepakati bersama. Kesadaran lingkungan (environmental awareness) adalah titik tolak dari kemauan masing-masing individu atau karyawan untuk meningkatkan kinerja sistem manajemen lingkungan.

Sistem Manajemen Lingkungan (SML) yang digunakan untuk penerapan dalam perusahaan atau organisasi yaitu ISO 14001:2004.

ISO 14001 adalah suatu standar internasional untuk Sistem Manajemen Lingkungan (SML) yang pada saat ini secara luas menggunakan SML di dunia, dengan lebih dari 6.000 sertifikasi di Inggris dan 111.000 sertifikasi di 138 negara seluruh dunia. ISO 14001 adalah standar sistem manajemen utama yang mengkhususkan pada persyaratan bagi formulasi dan pemeliharaan dari SML. Tiga komitmen fundamental mendukung kebijakan lingkungan untuk pemenuhan persyaratan ISO 14001, termasuk :

  • pencegahan polusi
  • kesesuaian dengan undang-undang yang ada
  • perbaikan berkesinambungan SML

Komitmen-komitmen tersebut memberikan panduan perbaikan kinerja lingkungan secara keseluruhan.

Manfaat ISO 14001Manfaat penerapan ISO 14001:2004 sebagai berikut :

1) Mengurangi Biaya Operasional

SML menyediakan suatu pendekatan terstruktur untuk mengidentifikasi limbah material dan energi dan untuk melakukan pengukuran dan pengurangan dan kemungkinan untuk meniadakannya. Pengurangan limbah ini secara otomatis menurunnya biaya yang dikeluarkan untuk prosesnya. Selain itu juga memberikan manfaat bagi pekerja dengan meningkatnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas kerja serta menurunkan biaya asuransi.

Efektif Operasional2) Operasional Lebih Efektif

SML mencakup prosedur untuk mengukur dan mengevaluasi limbah dan biaya pengendalian pencemaran dan menjadikan kinerja lingkungan urusan setiap orang. SML dapat menetapkan “Best Practices” dan membangun landasan untuk tahap perbaikan berikutnya. SML juga dapat meningkatkan efisiensi penyampaian tujuan, prosedur, dampak dan solusi di dalam organisasi. Meningkatnya komunikasi berarti semakin efisien dalam pengambilan keputusan dan dengan demikian menurunkan atau mengatasi dampak, resiko dan kewajiban.

Improve Citra Pasar3) Meningkatkan Citra dan Pasar

Berkurangnya kewajiban lingkungan menjadikan perusahaan sebuah investasi yang lebih menarik bagi calon dan pemegang saham yang ada. Selain itu, lebih banyak lagi pelanggan yang dapat diraih, karena SML memberi jaminan bahwa organisasi tidak akan berhenti beroperasi akibat insiden lingkungan yang berarti pasokan barang dan jasa tidak akan terputus. Hal ini dapat membedakan organisasi dari dan menekan pesaing.

4) Sesuai dengan peraturan

SML mencakup prosedur untuk membantu perusahaan mengidentifikasi ketidaksesuaian dengan peraturan perundang-undangan dan mengambil tindakan perbaikan. Memperbaiki penaatan terhadap persyaratan undang-undang dapat mengurangi kewajiban finansial dan pidana, dan biaya kerusakan

Hubungan dengan Pemerintah5) Meningkatkan hubungan antara Pemerintah, Masyarakat dan Pelanggan

SML menyediakan bahasa dan tujuan yang sama antara organisasi dan pemerintah dalam melindungi lingkungan. Seperti program yang ada pada Kementrian Lingkungan Hidup mengenai PROPER dan program Kementrian Pekerjaan Umum yang mana pada saat tender mewajibkan calon kontraktor harus tersertifikasi ISO 14001:2004. Selain itu, dukungan masyarakat terhadap organisasi dapat ditingkatkan jika organisasi menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan setempat melalui SML.

 

About DYNAMIQHSE

Berbagi Informasi mengenai Sistem Manajemen K3LM
This entry was posted in ISO 14001 and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s