Pelatihan Ahli Muda K3 Konstruksi

Ahli K3 Konstruksi Industri konstruksi adalah pekerjaan yang penuh resiko dibandingkan dengan industri sejenis seperti manufaktur, kargo, parawisata dan lain-lain. Industri konstruksi menduduki tingkat pertama dalam jumlah kecelakaan meninggal bahkan dua kali lipa dibandingkan dengan industri manufaktur.

Berbagai penyebab utama kecelakaan kerja pada proyek konstruksi adalah hal-hal yang berhubungan dengan karakteristik proyek konstruksi yang bersifat unik, lokasi kerja yang berbeda-beda, terbuka dan dipengaruhi cuaca, waktu pelaksanaan yang terbatas, dinamis dan menuntut ketahanan fisik yang tinggi.

Ahli K3 Konstruksi TGIPT.TGI selaku perusahaan pembangun, pengembang, penyalur gas dalam pelaksanaannya juga membutuhkan orang-orang yang terlatih dalam bidang konstruksi, karena TGI juga melakukan pembangunan-pembangunan yang berhubungan dengan konstruksi. Maka dari itu PT.Prosafe bekerjasama dengan PT.Safepro mengadakan Pelatihan Ahli Muda Konstruksi untuk peningkatan kompetensi para karyawannya agar tidak terjadi kecelakaan kerja pada saat pembangunan gedung-gedung penunjang dalam proyek-proyek TGI.

Pembicara Ahli K3 KonstruksiTujuan dari Pelatihan Ahli Muda Konstruksi ini yaitu :

  1. Memastikan bahwa pengetahuan dan keterampilan akan kesadaran dan sikap prilaku keselamatan dan kesehatan kerja.
  2. Mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian keselamatan dan kesehatan kerja dalam kegiatan proyek konstruksi.
  3. Meningkatkan  kinerja (perfomance) sehingga mampu berkompetensi pada bidang keahlian K3 Konstruksi secara nasional  dan internasional.
  4. Memiliki kemandirian berinisiatif untuk berperan menanggulangi tanggap darurat apabila terjadi bahaya dan kecelakaan kerja.

Peserta Pelatihan Ahli Muda K3 KonstruksiPelatihan ini diselenggarakan di bulan November 2013 selama 6 hari berlokasi di Pekanbaru, adapun materi dalam training ini yaitu :

  1. Pre Test
  2. UU, Standar dan Peraturan K3
  3. UU Jasa Konstruksi kaitan dgn K3 Konstruksi
  4. Pengetahuan Jasa Konstruksi
  5. Pengetahuan Dasar K3
  6. Managemen dan Administrasi K3
  7. K3 Pekerjaan Konstruksi
  8. Manajemen Lingkungan
  9. K3 Peralatan Konstruksi
  10. K3 Pekerjaan Mekanikal & Elektrikal
  11. K3 Pesawat Angkat
  12. 12 K3 Perancah & Tangga
  13. Sistem Pemadam Kebakaran
  14. Kesiagaan dan Sistem Tanggap Darurat
  15. Higiene Perusahaan dan Proyek
  16. Manajemen Pelatihan dan Kompetensi K3
  17. Pengetahuan Inspeksi K3 Konstruksi
  18. Observasi Lapangan dan Penyusunan Makalah
  19. Seminar
  20. Evaluasi Akhir

DObsevasi Proyek PLN PSB Sumateraalam pelaksanaan pelatihan, dilakukan Observasi ke Proyek pembangunan gedung PLN yang berlokasi di Pekanbaru. Tujuan obsevasi ini yaitu :

1.Mengadakan peninjauan secara langsung kegiatan Proyek Konstruksi yang terkait dengan K3;

2.Agar dapat lebih mengetahui & mendalami implementasi K3 di lapangan;

3.Sebagai Calon Ahli Muda K3 Konstruksi dapat memberikan saran /masukan pada Proyek yang di observasi, tentang implementasi K3 yang benar.

Foto Observasi Ahli K3 KonstruksiDihari terakhir para peserta training mengadakan seminar dan mempresentasikan hasil observasi kehadapan pihak disnaker setempat dan perwakilan dari Asosiasi K3 konstruksi. dan peserta training dapat dinyatakan lulus ketika proses sudah melewati evaluasi akhir berupa menjawab soal-soal pertanyaan standar Uji Kompetensi Ahli Muda K3 Konstruksi.

Register Online

About DYNAMIQHSE

Berbagi Informasi mengenai Sistem Manajemen K3LM
This entry was posted in Training K3, Umum and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s