Training P3K

First AidApa yang tergambar difikiran kita jika kita melihat kecelakaan spt terjatuh dari ketinggian, terjatuh dari motor, tergores benda tajam, tertimba benda berat, digigit ular atau ada yang tiba-tiba pingsan atau stroke ? Pasti panik, jantung berdebar-berdebar mau segera membantu tapi bingung harus melakukan apa, yang ada juga jika kita tidak tahu ilmu dasar pertolongan pertama yang tadi nya hanya satu korban bertambah menjadi dua korban. Untuk itulah kita perlu belajar ilmu dasar pertolongan pertama atau first aid.

Menurut PMI Pengertian dari Pertolongan Pertama (First Aid) yaitu Pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit atau cedera yg memerlukan penanganan medis dasar. Yang dimaksud Medis Dasar yaitu tindakan pertolongan berdasarkan ilmu kedokteran yang dapat dimiliki oleh orang awam atau awam terlatih.

Di Indonesia Pertolongan Pertama (First Aid) lebih dikenal sebagai P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan). Berdasarkan Permenaker No.PER.15/MEN/VIII/2008 yang dimaksud Pertolongan Pertama di Tempat kerja (P3K) yaitu upaya memberikan pertolongan pertama secara cepat dan tepat kepada pekerja/buruh/ dan/atau orang lain yang berada di tempat kerja, yang mengalami sakit atau cidera di tempat kerja. Seperti Postingan saya terlebih dahulu sudah dibahas secara detail mengenai P3K di tempat kerja dan P3K atau First Aid.

Sebagaimana diketahui PT. Kembar Abadi Prima dalam proses mensertifikasi perusahaan dalam bidang Keselematan dan Kesehatan Kerja mencoba untuk memenuhi kriteria terhadap P3K ini yang ada di Peraturan Pemerintah No.50 Tahun 2012 pada Kriteria audit 6.8 Sub Kriteria 6.8.1 dan 6.8.2.

Opening Training P3KTraining P3K ini dilakukan pada hari Jum’at Tgl 25 Oktober 2013 bertempat di Kantor Pusat PT. Kembar Abadi Prima (KAP) yang berada di Bandung. Saya sebagai penyelenggara training bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai Narasumber nya. Sebelum training dimulai PT.KAP sudah membiasakan diri untuk dilakukan Safety Induction dan Yel-yel terlebih dahulu.

Trainer tim PMITrainer yang di utus oleh PMI yaitu Bapak Herry Munandar, S.Sos, atau dipanggil sbg pak Herry ini aktif di PMI sudah lebih dari 15 Tahun sbg sukarelawan yang membantu terhadap bencana alam di Indonesia dan juga pernah menjabat di struktural PMI. Sekarang beliau lebih aktif di Training-training.

Peserta Training P3KMateri Training P3K atau first aid ini yaitu :

1. Pengantar Pertolongan Pertama

2. Penilaian

3. Bantuan Hidup Dasar (Resusitasi Jantung Paru / RJP atau CPR)

4. Perdarahan

5. Jaringan Lunak

6. Patah Tulang

7. Pemindahan atau pengangkutan

8. Kedaruratan Medis

Praktek CPR atau RJPTujuan dari training ini,diharapkan peserta dapat meningkatkan pengetahuan, pengertian dan pemahaman mengenai pelaksanaan P3K di tempat kerja dan juga meningkatkan ketrampilan dalam melakukan pertolongan pertama terhadap penyakit mendadak dan kecelakaan kerja.

Peserta training ini terdiri dari Wakil Dirut, Dir. Teknik, Para Engineer, HRD, Keuangan, tim P3K sekaligus tim tanggap darurat dan tim Security.Resusitasi Jantung Paru

Resusitasi Jantung Paru

Pertolongan Pertama Luka RinganPertolongan Pertama Luka di Kepala

Praktek BidaiFoto Praktek P3K

Bidai TanganPembidaian Kaki

Pengangkutan ManualPengangkutan Bertiga

Bertepatan hari itu juga dilakukan simulasi keadaan darurat untuk Kantor PT.KAP, untuk mengevaluasi waktu ketika evakuasi sampai di assemblly point (titik kumpul). Terakhir dilakukan fot bersama semua karyawan PT.KAP yang berada dikantor pusat.

Foto Bersama P3K nhEvakuasi Keadaan Darurat

About DYNAMIQHSE

Berbagi Informasi mengenai Sistem Manajemen K3LM
This entry was posted in Training K3, Umum and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s