Awareness ISO 9001 : 2008

ISO 9001Sistem Manajemen Mutu (SMM) berdasarkan ISO 9001:2008 merupakan uraian proses kerja yang harus dilaksanakan secara berurutan, konsisten dan sesuai dengan prosedur dan tata kerja yang berlaku. Mengapa sebuah perusahaan / organisasi membutuhkan sistem ISO 9001:2008 ?
Jika kita uraikan ada 2 alasan yaitu alasan internal dan eksternal.
Alasan internal kenapa butuh SMM yaitu dengan adanya  SMM dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi, efektifitas operasional dan mengurangi biaya yang ditimbulkan barang cacat atau rework. Dengan membuat sistem kerja yang terdokumentasi dan mempunyai aturan kerja yang baik sehingga memudahkan dalam pengendalian. SMM juga dapat berfungsi sebagai standar kerja untuk melatih karyawan yang baru, serta dapat menjamin bahwa proses yang dilaksanakan sesuai dengan sistem manajemen mutu yang ditetapkan. 
Alasan Eksternal kenapa butuh SMM yaitu kebutuhan Persepsi masyarakat umum jika produk-produk dan jasa yang sudah tersertifikasi ISO 9001 memiliki mutu yang lebih tinggi, dengan adanya SMM ini juga pelanggan memiliki tingkat kepercayaan yang jauh lebih tinggi. Label pada produk atau jasa dengan logo yang menandakan ISO 9001 meningkatkan peluang pelanggan memilih mereka. Kesimpulannya dengan adanya SMM dapat meningkatkan daya saing perusahaan.
  PT PP PrecastPT. PP Precast salahsatu anak perusahaan dari PT.PP Persero yang baru diresmikan beberapa bulan yang lalu berkomitmen penuh untuk memberikan kepuasan pelanggan dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu berdasarkan ISO 9001:2008.
Trainer ISO 9001:2008Untuk meningkatkan kompetensi para karyawannya, PT.PP Precast mengadakan training-training yang terkait dengan bagaimana mengimplementasi ISO 9001:2008 ini. Beberapa waktu yang lalu PT.PP Precast mengadakan beberapa kali training yaitu Training Awareness ISO 9001 : 2008, Training Pemahaman Persyaratan ISO 9001:2008 dan Training Auditor Internal.
PP Precast TrainingTraining-training ini diikuti oleh semua karyawan PT.PP Precast mulai dari Direksi Teknik, Kepala Pabrik, QC, HRD, Logistik. Sasaran training ini memberikan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya ISO 9001:2008 sebagai satu kesatuan fungsi bisnis perusahaan.
Training ISO 9001Karena didalamnya mengenal 8 prinsip manajemen mutu sbb :
1.Fokus pada Pelanggan
2.Kepemimpinan
3.Keterlibatan Orang
4.Pendekatan Proses
5.Manajemen dengan Pendekatan Sistem
6.Peningkatan Berkelanjutan
7.Pengambilan Keputusan dengan Pendekatan Fakta
8.Hubungan saling menguntungkan dengan pemasok.
Training ISO 9001Untuk memudahkan dalan penerapannya digunakan metoda PDCA yaitu :
Plan : Sasaran dan proses yang dibutuhkan direncanakan dan dilaksanakan
Do : Penerapan proses
Check : Proses dan produk yang dihasilkan dipantau dan diukur terhadap kebijakan, sasaran dan persyaratan/parameter
Action : Melakukan tindakan untuk perbaikan berkesinambungan terhadap proses.
Dalam SMM  dikenal 6 Prosedur Wajib yang harus diterapkan antara lain :
1. Pengendalian Dokumen ( 4.2.3)
2. Pengendalian Rekaman Mutu (4.2.4)
3. Audit Mutu Internal (8.2.2)
4. Pengendalian Produk Tidak Sesuai (8.3)
5. Tindakan Koreksi (8.5.2)
6. Tindakan Pencegahan (8.5.3)
Semoga dengan diterapkannya Sistem Manajemen Mutu Berdasarkan ISO 9001:2008 PT.PP Precast dapat bersaing dengan kompetitor lainna dalam hal pabrikasi tiang pancang dengan target kepuasan pelanggan dengan melakukan perbaikan secara berkelanjutan disemua lini.

About DYNAMIQHSE

Berbagi Informasi mengenai Sistem Manajemen K3LM
This entry was posted in ISO 9001, Training ISO 9001, Umum and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s