P3K atau First Aid

P3KTerkadang kita bingung ini P3K atau First Aid sih….??

Pengertian dari P3K di tempat kerja berdasarkan Permenaker No : PER.15/MEN/VIII/2008 adalah upaya memberikan pertolongan pertama secara cepat dan tepat kepada pekerja/buruh/ dan/atau orang lain yang berada di tempat kerja, yang mengalami sakit atau cidera di tempat kerja.

Sedangkan First Aid (Pertolongan Pertama) berdasarkan informasi yang saya terima dari training dengan PMI (Palang Merah Indonesia) yaitu Pemberian pertolongan yang dilakukan sesegera mungkin kepada penderita sakit atau korban kecelakaan yang memerlukan penanganan medis dasar untuk mencegah cacat atau maut.

Perbedaan yang mendasar yaitu terletak dari pemberian pertolongan kepada si korban. Pada P3K korban yang ditolong hanya fokus di lokasi kerja (Tempat Kerja) spt di Pabrik, Proyek atau lokasi-lokasi pertambangan. Petugas P3K ini adalah tim medis perusahaan spt dokter perusahaan yang berlisensi HIPERKES, Perawat perusahaan atau pekerja yang ditunjuk sebagai tim P3K yang sebelumnya telah diberikan training mengenai P3K ditempat kerja. Struktur organisasi P3K ini biasanya masuk kedalam tim Tanggap Darurat Perusahaan atau lebih dikenal dengan Emergency Respons Teams (ERT).

SedanganFirst Aid First Aid (Pertolongan Pertama) korban yang dibantu untuk diberikan pertolongan, lebih luas tidak hanya dilokasi kerja saja tetapi ditempat-tempat kejadian umum spt kecelakaan lalulintas, bencana alam dll. Petugas First Aid ini biasanya terdiri dari tim PMI atau organisasi lain yang sifatnya sukarelawan.

Kita tidak perlu bingung P3K ataupun First Aid dalam penggunaannya, toh ini hanya adalah permainan bahasa saja. Esensinya kita ingin membantu sesama manusia dengan tujuan yang sama yaitu :

1. Menyelamatkan jiwa

2. Mencegah cacat

3. Memberikan rasa nyaman & menunjang upaya penyembuhan

Semoga bermanfaat.

About DYNAMIQHSE

Berbagi Informasi mengenai Sistem Manajemen K3LM
This entry was posted in Informasi K3, Umum and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s