Logo K3

Logo K3Pernahkah anda melihat logo-logo seperti ini ? yaaaa.. ini logo Resmi K3. Terkadang masyarakat umum suka terbalik-balik antara selamat dulu apa sehat dulu ????
Kita bahas secara bersama….

Logo ini banyak dipakai di perusahaan-perusahaan baik itu di Pabrik-pabrik, Kontraktor konstruksi maupun di pertambangan.

Logo K3 tersebut sesungguhnya memiliki makna-makna yang terkandung didalamnya. Makna dan arti dari Logo K3 tersebut diatur didalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia (No: KEP.1135/MEN/1987) Tentang Bendera Keselamatan Dan Kesehatan Kerja.

Gambar yang terdapat pada logo K3 tersebut merupakan Palang Berwarna Hijau yang dilingkari dengan Roda Bergigi Sebelas Dengan Warna Hijau. Gambar tersebut sesungguhnya memiliki arti dan makna yang mendasar, yaitu:

Lambang dan Makna:

  • Palang yang berarti bebas dari kecelakaan dan sakit akibat kerja.
  • Roda gigi memiliki makna bekerja dengan kesegaran jasmani dan rohani.
  • Warna putih yang digunakan berarti bersih, suci.
  • Warna hijau yang digunakan memiliki makna selamat, sehat dan sejahtera.
  • Sedangkan sebelas gerigi roda adalah unsur-unsur 11 Bab dalam Undang-undang Keselamatan Kerja (UU/No.1/Th.1970).

LOGO SMK3Tetapi bagaimana dg arti logo yang disamping ini ???Logo SMK3 ini biasa digunakan pada Sertifikat SMK3 bagi perusahaan yang telah Menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja berdasarkan PP 50 tahun 2012 dan telah dilakukan Audit oleh Lembaga Sertifikasi yang telah ditunjuk oleh Kemenakertrans RI sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Logo SMK3 ini tertempel di sertifikatnya sebelah kiri bawah.

Bendera Emas SMK3

Nah…. klo gbr samping kiri ini adalah contoh Bendera Emas yang dikeluarkan oleh Kemenakertrans RI jika sebuah perusahaan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dg pemenuhan lebih dari 75% dari 166 Kriteria / klousul yg ada pada Permenaker 05 Tahun 1996 (yang sekarang berubah menjadi PP 50 Tahun 2012). Logo yang tertera pada bendera yaitu Logo K3 dan Logo SMK3

Seiring berjalannya waktu perkembangan K3 di Indonesia mengalami perubahan, dengan diluncurkannya Program “SAYA PILIH SELAMAT” pada 16 Oktober 2012, oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar.

Saya Pilih SelamatPeluncuran slogan ini ditujukan untuk mengkampanyekan pelaksanaan norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di perusahan-perusahaan dalam rangka mengurangi jumlah kecelakaan kerja di Indonesia. “Program ‘Saya Pilih Selamat’ sebagai suatu ikon baru diharapkan dapat populer dan mudah diingat yang merepresentasikan seseorang yang menjunjung tinggi keselamatan. Jadi selamat itu harus dimulai dari diri sendiri,” kata Muhaimin. Sumber : Inilah.com

Sudah tau kan sekarang, penggunaan Logo K3, Logo SMK3, Bendera K3 dan Bendera Emas/Perak SMK3. Intinya kita perlu inget kata pak mentri “SAYA PILIH SELAMAT”

About DYNAMIQHSE

Berbagi Informasi mengenai Sistem Manajemen K3LM
This entry was posted in Informasi K3, Umum and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Logo K3

  1. deny says:

    Budayakan terus pa deny tentang K3 nya,,,,,,,saya masih perlu lebih info tentang K3 umum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s